AMAZING SIXTH GRADE, QUARANTINE GRADUATES

Penyelenggaraan Ujian Sekolah Tahun ini sangatlah spesial, karena harus berlangsung saat pandemi. Anak-anak terpaksa mengerjakan Ujian Sekolah di rumah masing-masing secara online. Sekolah Alam Pacitan menyelenggarakan Ujian Sekolah dimulai pada tanggal 26 Mei 2020 sampai tanggal 5 Juni 2020.

Persiapan pelaksaan Ujian Sekolah telah dilakukan sejak awal dimulainya semester 2, mulai dari bimbingan belajar hingga try out atau latihan mengerjakan soal. Sekolah Alam Pacitan telah berkomitmen untuk menyelenggarakan Ujian Sekolah secara mandiri sesuai dengan Program Pemerintah yaitu “Merdeka Belajar”, sehingga soal ujian dari seluruh mata pelajaran telah kami siapkan.
Mrs Wulan selaku guru kelas 6 mengatakan,”Sebenarnya kami telah siap untuk menyelenggarakan ujian, seluruh persiapan sudah kami lakukan termasuk penyelenggaraan try out untuk anak-anak. Namun ternyata setelah pelaksanan try out yang ketiga anak-anak harus mengikuti keputusan pemerintah untuk melaksanakan belajar dari rumah, sehingga soal-soal yang sudah kami siapkan dibawa pulang untuk dikerjakan di rumah”.

Meskipun belajar di rumah anak-anak tetap melakukan kegiatan belajar dan mengerjakan soal try out sesuai jadwal yang sudah disusun sejak awal semester.
Selain mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Sekolah secara online, siswa kelas 6 juga tetap mengerjakan ujian praktek berupa tugas project setiap mata pelajaran. Seperti mengolah data untuk matematika, menghafal surat pendek untuk Pendidikan Agama Islam, menggambar peta Indonesia untuk IPS, sedangkan ujian praktek IPA anak-anak diminta untuk eksperimen, membuat alat peraga dan presentasi, menyanyikan tembang Jawa, pidato Bahasa Indonesia, membuat senam irama, membuat kliping kebudayaan Indonesia, dan yang terakhir membuat desain ruangan di rumah.
“Pengumpulan hasil project anak-anak ini berupa foto atau video kemudian dikirimkan kepada guru kelas melalui Whatsapp”, terang Mrs Wulan
Mrs Wulan menambahkan, “Setelah semua tugas telah selesai dilaksanakan hasil karya anak-anak ini kemudian dikumpulkan ke sekolah oleh orang tua wali murid secara bergantian sesuai jadwal”.

Kami bersyukur pelaksanaan Ujian Sekolah secara online ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Terimakasih kepada seluruh siswa yang begitu antusias dalam proses pelaksanaan Ujian Sekolah tahun ini, meskipun proses belajar tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Kami juga sangat berterimakasih kepada wali murid yang senantiasa memberikan dukungan sehingga pelaksanaan ujian ini dapat berjalan sesuai rencana.

Hasil ujian pun telah diumumkan pada tanggal 15 Juni 2020 dan seluruh siswa dinyatakan lulus. Kami mengucapkan selamat dan sukses atas kelulusan anak-anak kami yang tercinta. Harapan kami semoga kalian dapat meraih mimpi dan cita-cita kalian. Tetap semangat dan pantang menyerah.