Asik!! Sekolah Lagi. Kebiasaan baru, semangat baru.

Riuh anak-anak mulai terdengar lagi di Sekolah Alam Pacitan. Betapa gembira hati kami bisa menyambut anak-anak yang datang di sekolah. Anak-anak juga terlihat sangat antusias untuk mulai belajar lagi di sekolah. Seiring pandemi Covid-19 yang mulai membaik, tanggal 13 September yang lalu pemerintah daerah telah memberikan izin kepada Sekolah Alam Pacitan untuk mengadakan pembelajaran tatap muka secara terbatas. Tentu hal ini menjadi kabar yang sangat melegakan baik bagi sekolah maupun orang tua, sebab mereka sudah terlalu lama melakukan pembelajaran dari rumah.
Sekolah harus menerapkan protocol kesehatan yang cukup ketat, antara lain telah mengikuti program vaksinasi Covid-19 bagi para guru, menyediakan area cuci tangan dengan sabun/handsanitizer, dan tersedia disinfektan untuk menyemprot area yang digunakan belajar anak-anak
Tidak hanya sekolah, anak-anak juga harus mematuhi protocol kesehatan yang berlaku. Anak-anak yang datang di sekolah harus benar-benar dalam keadaan sehat, tidak melakukan perjalanan dari luar kota sebelumnya dan telah mendapat persetujuan dari orang tua untuk mengikuti pembelajaran tatap muka. Mereka juga wajib memakai masker/faceshield saat berangkat sampai pulang kembali di rumah. Pada saat sampai di sekolah petugas piket akan mengecek suhu anak-anak dan bagi siswa yang suhu tubuhnya di atas 37,5 tidak diperkenankan mengikuti pembelajaran.
Seluruh warga sekolah juga harus menjaga jarak, tidak diperkenankan berkerumun, mencuci tangan menggunakan sabun pada saat datang, selesai beraktivitas dan sebelum meninggalkan sekolah. Jika melakukan perjalanan ke luar kota atau sempat melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 warga sekolah wajib lapor kepada pihak sekolah.
Menyambut kembalinya anak-anak di sekolah kami para guru telah menyiapkan serangkaian kegiatan menarik sebagai upaya untuk trauma healing, karena anak-anak banyak yang mengalami kejenuhan akibat terlalu lama di rumah dan aktivitas yang terbatas. Setiap pagi sebelum kelas diawali dengan ice breaking atau game edukasi, masing-masing kelas juga memiliki yel-yel sebagai penyemangat. Selain itu kegiatan doa pagi dan hafalan surat pendek tidak pernah terlewatkan.
Kami mencoba untuk mengajak seluruh siswa mengingat kembali pembiasaan yang dulu selalu mereka lakukan. Terlebih kepada siswa kelas satu, ini merupakan awal yang baru bagi mereka sehingga banyak hal yang harus kita perkenalkan pada mereka mulai dari menyapa guru, membersihkan ruangan-ruangan dan merawat tanaman. Masih banyak lagi kegiatan menarik lain seperti menyanyi, eksperimen, permainan tradisional, project, gymnastic dan lain-lain
Meskipun saat ini kegiatan belajar masih terbatas kami sangat bersyukur bisa kembali bertemu dengan anak-anak. Kami berharap pandemic akan benar-benar berakhir sehingga proses pembelajaran bisa berjalan seperti sedia kala tanpa harus ada jarak. Kami juga berterima kasih kepada seluruh Romo Ibu Sekolah Alam Pacitan yang telah memberikan izin pada anak-anak untuk kembali ke sekolah. Tetap semangat dan jaga kesehatan!