Ayo Mengamati!

Cuaca cerah hari ini menambah semangat anak-anak dalam mengikuti pembelajaran di Sekolah Alam. Diawali  dengan piket pagi, menyiram tanaman, memberi pakan ternak, pengamatan tanaman dan persentasi anak, menambah suasana pagi semakin ceria dan menyenangkan.

Kali ini anak-anak kelas 6 sangat senang sekali dalam mengikuti pembelajaran karena anak-anak dapat mengikuti pembelajaran tentang pengamatan perkembangbiakan generatif pada tumbuhan  dengan menggunakan media mikroskop. Dalam pengamatannya, anak-anak mengamati  beberapa jenis tumbuhan yang ada disekitar seperti bunga asoka, bunga sepatu, bunga kamboja dan bunga kertas.

Tujuan pengamatan yang dilakukan anak-anak adalah untuk mengetahui tentang perkembangbiakan yang ditandai adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina. Selain itu juga anak-anak dapat mengetahui ada tumbuhan yang perkembangbiakannya bisa dibantu oleh angin, hewan, air, dan manusia.

Rasa senang dan ceria dirasakan oleh anak-anak kelas 6. Di samping mereka dapat belajar memahami perkembangbiakan pada tumbuhan mereka juga sangat senang karena dapat mengamati tanaman menggunakan mikroskop.

Ayo kita sayangi setiap tumbuhan yang ada disekitar kita. Tetap menjaga dan melestarikan alam kita.

Salam bumi pasti lestari.