Bakar – Bakar!

Ditulis Oleh: Haura Noya Zaida

 

Ujian sekolah telah usai.  Sambil menunggu waktu kelulusan, saya dan teman – teman tetap bersekolah seperti biasa. Sekolah tidak diliburkan semata-mata agar kami semua tetap produktif dan membiasakan kami semua untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan menyenangkan . Contohnya seperti pada tanggal 31 mei 2022, kami melakukan kegiatan bakar-bakar bersama. Sehari sebelumnya, masing-masing dari kami mendapatkan tugas membawa peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Ada yang membawa arang, bakso, sosis, jagung, dan juga aneka bumbu serta  saos. Kami sangat antusias menantikan saat bakar-bakar bersama.

Saya dan teman-teman mengawali kegiatan bakar-bakar ini dengan membersihkan jagung. Jagung dikupas lalu dibersihkan dari rambut atau silk kemudian dicuci sampai bersih. Selanjutnya kami bekerja sama memotong sosis dan juga menusuk bakso. Sosis yang sudah dipotong dan bakso yang sudah ditusuk dengan tusuk sate dibumbui dengan mentega dan juga kecap. Sembari menunggu menyiapkan bahan-bahan makanan yang akan dibakar, teman-teman yang lain menyiapkan arang untuk dijadikan bara api. Setelah semua siap, kamipun bersama-sama membakar bahan-bahan makanan yang sudah disiapkan. Ada yang mengipasi, ada yang membolak–balikan sosis, jagung dan bakso, dan ada juga yang menyajikan yang sudah matang.

Setelah semua bahan makanan selesai dibakar, kami semua menikmati jagung, sosis, dan juga bakso dilengkapi dengan saus barbeque, saus tomat dan juga mayonaise. Semuanya terasa nikmat. Ditambah lagi dengan es jeruk dan es jambu biji buatan teman-temanku yang lain. Tak lupa kami membagikan jagung, bakso, dan juga sosis untuk para guru dan adik kelas.

Kami melakukan kegiatan ini dari jam 8.00 hingga jam 10.00. Walaupun cuaca terasa panas, kami tidak mengeluh. Kami sangat semangat dan senang melakukan kegiatan ini karena selalu dipenuhi dengan canda tawa dari teman-teman semua.

Kegiatan bakar-bakar ini bukan hanya membuat saya dan teman-teman senang. Kegiatan ini menjadi sarana kami belajar tentang pembagian tugas dan kerjasama. Selain itu melalui kegiatan ini, kami juga diajarkan tentang berbagi. Semoga di waktu-waktu mendatang, saya dan teman-teman bisa berkegiatan positif lainnya yang tak kalah seru dan menyenangkan.