Berbagi Ilmu Cara Membuat Eco Enzyme, Cairan Sejuta Manfaat

Ditulis oleh: Agil Yoestri

Sekolah Alam Pacitan mempunyai program membuat cairan eco enzyme, karena bahan dan pengolahannya sangat sederhana cairan ini punya segudang manfaat.

Hanya dengan memanfaatkan sampah rumah tangga, kita bisa memproduksi eco enzyme. Kita hampir setiap hari membuat sampah sisa sayuran atau buah buahan, sayang jika dibuang begitu saja . Oleh karena itu Guru dan karyawan Sekolah Alam Pacitan memanfaatkan sampah rumah tangga untuk membuat eco enzyme cairan sejuta manfaat. Eco enzym sendiri adalah larutan yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari sisa sampah dapur organik (buah dan sayur),gula merah atau tetes tebu dan air. Warnanya kecoklatan (muda/tua)dan berbau asam manis seperti bau rasa fermentasi (fermentasi tapai/rice wine).
Di kesempatan kali ini Mr Krisna, Mrs Winda dan Mrs Agil bergerak melaksanakan tugas berbagi ke masyarakat melalui arisan ibu ibu, tepatnya di RT 02 RW 01 Desa Sumberharjo. Tim menjalankan tugas sesuai prosedur yang ada dengan terlebih dahulu menyerahkan pemberitahuan sekaligus perijinan pada lembaga yang berwenang sebelum terjun langsung ke lapangan

Tentu kami sangat senang setelah mendapat respon positif dari kelompom arisan tersebut.
Pada saat pelaksanaan kami membagi ibu-ibu yang hadir menjadi 3 kelompok sesuai dengan dasa wisma yang ada pada RT tersebut. Acara sharing pembuatan eco enzyme dipandu oleh Mr Krisna yang menjelaskan mulai dari jenis sayur atau buah yang bagus dalam membuat eco enzyme dan takaran air serta tetes tebunya.

Kami menggunakan komposisi tempat botol 5 liter disi dengan air 3 liter, bahan organik 900 gram dan air tetes tebu 300 gram.
Ibu ibu RT 02 RW 01 Sumberharjo sangat antusias memperhatikan serta mencatat cara pembuatan eco enzyme, dan tidak kalah serunya ibu-ibu langsung praktik membuatnya dan dibawa pulang perwakilan dawis yang akan di imbaskan kepada ibu ibu yang lainnya.
Sampai disini semoga dengan adanya gerakan eco enzyme ini, dapat mengurangi sampah dapur dan meringankan ekonomi ibu rumah tangga, petani, peternak karena manfaat eco enzyme adalah
pembersih rumah tangga
pembersih sayur dan buah
pembersih udara
untuk mrnyiram bunga
untuk menyuburkan tanaman
untuk ikan peliharaan
untuk membesihkan wc dan dapur