BERDAMAI DENGAN TEKNOLOGI, DEMI STUDI DI MASA PANDEMI

Serangan wabah Coronavirus Disease-2019 atau Covid-19 yang menyerang hampir di seluruh negara di dunia, mau tidak mau membuat para pemimpin dunia harus membuat kebijakan untuk mencegah penyebarannya. Serangan pandemic Covid-19 telah membuat berbagai kalangan menerima dampak yang luar biasa besar. Berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan diluar rumah harus dilakukan dari dalam rumah atau lebih dikenal sebagai social distancing. Hal ini dimaksudkan untuk membatasi interaksi antar individu dalam suatu kelompok atau lingkungan. Situasi inilah yang kemudian mengharuskan semua pertemuan publik dialihkan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan jaringan.

Work From Home dan Learn From Home seakan menjadi topik utama di semua lini tak terkecuali di Lembaga Pendidikan. Menyikapi hal tersebut, Sekolah Alam Pacitan mulai menerapkan metode serta aplikasi pendukung yang dapat membuat kegiatan Learn From Home menjadi efektif. Pemanfaatan teknologi menjadi pilihan sebagai media yang dapat digunakan untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran. Penggunaan aplikasi pendukung seperti Whatsapp, google meets, zoom, video pembelajaran, Instagram, Facebook, dan Youtube sangatlah penting. Proses pembelajaran maupun diskusi online antara guru dan siswa tetap berjalan sesuai jadwal dengan menggunakan aplikasi pendukung tersebut. Selain itu siswa juga dapat mengakses kegiatan pembelajaran yang lain yang diunggah melalui akun resmi sekolah. Proses transformasi pengetahuan, ketrampilan serta karakter tetap berlangsung. Proses belajar dan Semangat belajar siswa harus tetap terus ditumbuhkan. Diharapkan melalui pembelajaran online ini, siswa menjadi kreatif, bisa mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan berujung pada pembentukan karakter pembelajar sepanjang hayat.

Dan kita semua berharap agar wabah Covid-19 ini akan segera berakhir dan semuanya kembali normal, sehingga kita bisa melaksanakan aktivitas seperti sediakala. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, tetap di rumah, rajin cuci tangan dan pakai masker bila harus keluar rumah.