Hardiknas 2020, Tantangan Bagi Pejuang Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Selamat hari pendidikan!

Kalimat yang singkat namun sarat akan makna dan tanggung jawab. Hari pendidikan nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei selalu menumbuhkan motivasi dan semangat untuk pendidikan lebih baik bagi Indonesia baik itu dari pelajar, tenaga pendidik, pegawai pendidikan, dan masyarakat pada umumnya. Peringatan Hardiknas di tiap tahun disambut dengan upacara yang penuh khidmat dan kegiatan bersama-sama di sekolah sebagai pengingat generasi penerus supaya lebih giat belajar demi masa depan yang lebih cemerlang.

Di tahun 2020 ini, peringatan Hari Pendidikan Nasional terasa sangat berbeda. Indonesia, bahkan seluruh dunia sedang diterpa wabah covid-19. Wabah ini bukan saja pandemi nasional, tetapi telah menjadi pandemi global. Banyak kerugian yang disebabkan munculnya covid-19. Bukan hanya sektor ekonomi yang terdampak karena banyak penurunan pendapatan masyarakat, dunia pendidikan juga sangat merasakan akibat dari pandemi global ini. Semua sekolah di Indonesia terpaksa tidak dapat melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah seperti biasanya karena sekolah ditutup dan siswa diharuskan belajar dari rumah dengan sistem daring. Hal ini dilakukan pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dengan adanya peristiwa ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku pendidikan untuk terus kreatif dan berinovasi dalam sistem pendidikan belajar dari rumah.

Peringatan hari pendidikan tahun 2020 yang bertema “Belajar dari Covid-19” membuat setiap orang benar-benar harus bisa beradaptasi dalam keadaan apapun demi keberlangsungan pendidikan Indonesia. Belajar dari covid-19, di mana pun tempat kita berada adalah sekolah, apapun yang ada di sekitar kita adalah sarana belajar, dan setiap orang adalah guru.

Mr. Bangun selaku Kepala Sekolah Alam Pacitan berpesan bahwa pada saat ini yang terpenting adalah gotong royong, jujur serta perilaku hidup bersih dan sehat.  Dengan demikian diharapkan kita dapat melalui masa pandemi ini dan dapat segera beraktivitas kembali setelah masa pandemi covid-19 berakhir.

Sekolah Alam Pacitan mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali murid yang telah dengan sabar membimbing dan mendampingi anak-anak selama kegiatan belajar di rumah. Kami berharap terjalin sinergi antara sekolah dengan orang tua wali murid sehingga proses belajar tetap dapat berjalan meskipun anak-anak tetap berada di rumah. Selama masa pandemi ini Sekolah Alam Pacitan akan terus mengupayakan keberlangsungan kegiatan belajar anak-anak dengan inovasi-inovasi baru yang dapat menumbuhkembangkan kreatifitas dan akademik anak-anak. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari masa sulit ini dan senantiasa diberikan kesehatan, kesabaran dan semangat untuk melewatinya. Maju terus pendidikan Indonesia! Semangat belajar dari rumah!

(wisdha-ridha)