Hijau Sekolahku, Asri Lingkunganku, Damai Hatiku

Hijau..itulah kesan pertama bagi siapa pun saat memasuki Sekolah Alam Pacitan.
Hampir di setiap sudut sekolah penuh dengan tanaman hijau. Hal ini sudah menjadi bagian dari sekolah yang merupakan sekolah hijau dan salah satu wujud kita untuk terus selalu peduli dan mencintai kelestarian alam sekitar.
Apa saja sih tanaman yang ada di Sekolah Alam Pacitan? Tanaman yang ada di sekolah alam terdiri atas tanaman hias, sayur, dan buah. Bagian depan sekolah dan halaman tengah dimanfaatkan untuk menanam tanaman hias dari berbagai jenis. Mulai dari mawar, melati, asoka, kamboja jepang, palem, krokot, sirih gading, puring, kaktus, succulent, lidah buaya, suplir, bromelia, lili paris, lidah mertua, dsb. Bahkan, tanaman kekinian yang sedang viral pun juga ada, yakni Aglaonema, keladi hias dan Janda Bolong.
Kebun tengah dan belakang di Sekolah Alam Pacitan dimanfaatkan untuk menanam sayur. Ada tanaman kangkung, bayam, cabai, terong, kacang panjang, gambas, sawi, kenikir, pare, ubi jalar, singkong, dan masih banyak lagi. Naah.., untuk tanaman buah hampir di sudut sekolah ada, lho. Di depan sekolah ada pohon mangga. Di halaman tengah ada pohon jeruk, jambu air citra, pisang, jambu jamaika, cempedak, markisa, mangga, dan papaya. Di kebun belakang sekolah terdapat tanaman yang merupakan ikon Kabupaten Pacitan, yaitu buah pace.
Ibarat toserba, di Sekolah Alam Pacitan hampir semua serba ada. Tentu terbesit dalam fikiran bagaimana cara merawat tanaman sebanyak itu yang notabene ini adalah sebuah sekolah. Fyi, perawatan tanaman yang ada di sekolah pun terbilang cukup mudah. Seluruh warga sekolah berperan aktif mulai dari menyiapkan lahan dan media tanam, menanam, menyiram, dan menyiangi. Anak-anak pun turut serta dalam kegiatan menanam dan merawat tanaman yang ada di sekolah ini. Bahkan, beberapa koleksi tanaman hias yang ada di sekolah sudah cukup banyak yang terjual. Hal ini sebagai bentuk kegiatan wirausaha yang sudah terlaksana di Sekolah Alam Pacitan.
Tentunya masih banyak lagi jenis tanaman yang ada di Sekolah Alam Pacitan ini. Mau tau lebih banyak? Pengen metik langsung atau pengen menanam juga? Datang aja langsung di Sekolah Alam Pacitan, yaa…