Horeee! Serunya Panen Eco Enzyme Perdana

3 Bulan yang lalu, tepat nya bulan Agustus, guru, karyawan serta murid-murid Sekolah Alam Pacitan bersama-sama membuat Eco Enzyme. Bahan yang sudah didiamkan selama 3 bulan ini akhirnya tiba waktunya untuk dilakukan tahap penyaringan yang disebut juga dengan panen. Murid-murid turut membantu dalam proses memanen eco enzyme. Dengan penuh kehati-hatian mereka menuangkan cairan keatas wadah yang sudah diberi penyaring yang berupa kain agar ampas Bahan Organik tidak ikut masuk kedalam wadah.
Cairan eco enzyme yang kami panen rata-rata memiliki ph 3,0 yang artinya cukup bagus tingkat keasamannya. Cairan eco enzyme ini nantinya akan digunakan sebagai pembersih ruang kelas dan ampas yang sudah tersaring akan dimanfaatkan sebagai pupuk organic bagi tanaman yang ada dilingkungan sekolah.
Sangat bermanfaat sekali ya… tidak ada yang terbuang sia-sia. Untuk itu marilah kita mulai mengolah limbah dapur menjadi hal-hal yang bermanfaat.
Bumi menyediakan segala hal untuk kita, maka sudah sepantasnya kita selalu menjaga dan melestarikan bumi ini. Langkah kecil yang kita lakukan untuk perubahan, nantinya akan kembali kepada diri kita sendiri. Salam bumi… pasti lestari