KARYAKU, KARYAMU, KARYA KITA BERSAMA

Ditulis oleh: Saraswati Rekrandani

Pandemi bukanlah suatu alasan untuk kita bermalas-malasan. Namun kita harus selalu bergerak dan terus berkarya untuk menciptakan dan melakukan sesuatu. Sebuah karya merupakan wujud nyata dari rencana dan pemikiran kita, sekaligus menjadi bukti hasil dari kerja keras kita.

Sekolah Alam Pacitan mewajibkan seluruh warga sekolah untuk membuat karya, baik siswa, guru dan karyawan. Siswa diberikan project yang harus mereka selesaikan selama melakukan kegiatan belajar di rumah, begitu juga dengan para guru dan karyawan. Disela-sela pekerjaan mengajar, para guru dan karyawan membuat project yang sudah direncanakan oleh masing-masing guru dan karyawan. Project bisa berupa penelitian, membuat produk karya atau membuat inovasi teknologi tepat guna.

Tidak terkecuali Pak Hadi, salah satu karyawan di Sekolah Alam Pacitan. Walaupun beliau sudah tidak lagi muda, namun semangat untuk berkarya tetap ada. Hal ini bisa kita lihat dari aktivitas yang beliau lakukan.

Salah satu project yang digarap adalah membuat penelitian sederhana, yaitu mengamati bagaimana pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan bibit pada tanaman sawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi media tanam yang paling tepat untuk menanam sawi. Sehingga nanti dapat diterapkan di kebun Sekolah Alam dengan menggunakan perbandingan terbaik yang didapat dari hasil pengamatan yang dilakukan Pak Hadi.

Semoga karya Pak Hadi bisa menghasilkan manfaat dalam proses pembibitan sawi selanjutnya di Sekolah Alam Pacitan.

Nah, kalian jangan mau kalah yaa dengan Pak Hadi, tunjukkan karya kalian. Tetap bergerak dan bermanfaat untuk orang-orang sekitar kita.