Kemanakah Cangkang Telurmu Berakhir?

Ditulis oleh: Ardhanariswari Trenggono (Mama Agnimaya)

Jangan sampai cangkang telurmu hanya berakhir di tempat sampah begitu saja. Cangkang telur mempunyai banyak sekali manfaat untuk tanaman. Di antaranya untuk wadah semai, menambah kalsium dan untuk mengendalikan hama. Menurut penelitian, cangkang telur mengandung 98,2% kalsium karbonat, 0,9% magnesium, dan 0,9% fosfor. Membran cangkang terdiri dari 69,2% protein, 2,7% lemak, 1,5% air, dan 27,2% abu.

Berikut adalah penjelasan beberapa manfaat dari cangkang telur :

1. Sebagai wadah semai

Cangkang telur dapat digunakan sebagai wadah semai yang ramah lingkungan. Untuk menggunakannya sebagai wadah semai, cangkang telur sebaiknya dibuka pada bagian atas sehingga mampu menampung lebih banyak media tanam. Caranya cuci cangkang telur sampai bersih, masukkan media tanam ke dalam cangkang telur kemudian tanam benih tanaman. Jika tanaman sudah mengeluarkan 4-5 daun sejati, semaian dapat dipindah ke lahan atau pot yang lebih besar. Penggunaan cangkang telur memudahkan pemindahan semaian tersebut. Kita bisa menanam langsung dengan cangkang telurnya, tinggal diremas hingga pecah kemudian ditanam.

2. Sebagai pupuk organik

Kandungan kalsium pada cangkang telur sangat tinggi yaitu 90%. Tingginya kandungan kalsium, akan menambah nutrisi pada tanaman. Kekurangan kalsium pada tanaman menyebabkan tepi daun mengalami klorosis yang pada akhirnya akan menyebar pada tulang-tulang daun muda hingga seluruhnya berubah menjadi kuning. Kalsium sangat membantu tanaman dalam proses penyerapan hara kalium, sehingga pada tanaman yang kekurangan kalsium sering ditemukan gejala buah retak akibat permeabilitas dan elastisitas dinding-dinding sel yang rendah.

Kekurangan kalsium juga sangat mempengaruhi kualitas kekerasan batang tanaman karena rendahnya elastisitas dinding sel. Kekurangan kalsium dapat diatasi dengan pemberian pupuk organik cangkang telur pada media tanam. Menurut penelitian, pemberian pupuk organik cangkang telur ini dapat meningkatkan kandungan kalsium pada tanaman. Selain kalsium, cangkang telur juga dapat memenuhi ketersediaan fosfor dalam media tanam.

Cara membuat pupuk organik dari cangkang telur cukup mudah. Setelah cangkang telur dicuci bersih, cangkang telur kemudian ditumbuk hingga hancur. Selanjutnya cukup ditaburkan di sekeliling tanaman.

3. Sebagai pengendali hama tanaman

Cangkang telur dapat digunakan untuk mengendalikan hama seperti siput, keong, mollusca, kutu dan kumbang. Hama tersebut akan langsung menggeliat jika terkena bubuk kulit telur hingga akhirnya mati perlahan-lahan. Caranya sama dengan penggunaan sebagai pupuk organik yaitu cangkang telur dicuci, ditumbuk dan ditaburkan di sekeliling tanaman.

Demikian beberapa manfaat dari cangkang telur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber :
www.paktanidigital.com
www.8villages.com