LIBURAN YANG MENGASYIKKAN “MENDAKI GUNUNG LANANG”

Pada hari Sabtu, tanggal 18 Desember 2021, kami 12 guru Sekolah Alam Pacitan melakukan pendakian di Gunung Lanang. Gunung Lanang terletak di Dusun Ketro Desa Punjung Kecamatan Donorejo, Pacitan. Gunung Lanang merupakan bagian dari gugusan Gunung Limo dan merupakan puncak tertinggi kedua di Pacitan setelah Gunung Sepang. Kegiatan mendaki gunung ini, merupakan program yang selalu diadakan tiap tahunnya oleh Sekolah Alam Pacitan. Kegiatan mendaki gunung ini sudah diadakan keempat kalinya, baik bersama siswa siswi dan orang tua wali murid. Sebelum mengajak siswa – siswi Sekolah Alam, maka para guru melakukan pendakian terlebih dahulu sebagai kegiatan survey untuk mengetahui kondisi terkini lokasi pendakian, agar nantinya ketika kegiatan mendaki bersama siswa siswi dan orang tua wali murid lancar dan sukses.

Sebelum berangkat menuju lokasi, tim berkumpul di Sekolah Alam Pacitan pada pukul 07.00 WIB, guna melakukan breafing dan doa untuk kelancaran, keselamatan dan suksesnya kegiatan. Pukul 07.15 WIB, tim berangkat menuju Desa Punjung menggunakan motor. Tim berhenti untuk parkir motor dan juga merupakan tempat beristirahat ketika turun gunung di kediaman Bu Ponatun. Sebelum mendaki, tim melakukan senam untuk menguatkan otot kaki agar kuat dan tidak terjadi kram ataupun salah urat. Tepat pukul 08.00 WIB, tim mulai melakukan pendakian. Gunung Lanang sebenarnya memiliki dua puncak, namun hanya ada satu puncak yang bisa di kunjungi karena puncak satunya hanya berupa bongkahan batu besar yang licin.Untuk sampai ke puncak gunung ini juga tak terlalu susah, dibutuhkan waktu selama kurang lebih 30 menit dengan jalur setapak dan menanjak di beberapa tikungannya.

Gunung Lanang menawarkan pesona keindahan alam yang mempesona buat para pecinta gunung. Di gunung ini kita bisa menyaksikan indahnya kota Pacitan dari atas. Yang menarik pada pendakian kali ini adalah munculnya kabut tebal yang menambah serunya pengalaman di puncak Gunung Lanang. Tak lupa tim mengabadikan momen – momen indah di sana. Di puncak gunung tim membawa kompor portable mini untuk memasak air, sehingga bisa ngopi dan ngeteh sambil menikmati indahnya pemandangan di puncak gunung. Dan dimanapun berada harus tetap menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan. Tim turun gunung setelah kurang lebih 2 jam berada di puncak Gunung Lanang. Sebelum melakukan perjalanan kembali ke Sekolah Alam Pacitan, tim makan siang dan beristirahat untuk menghilangkan lelah. Sekitar pukul 12.00 WIB tim kembali ke Sekolah Alam Pacitan dengan membawa banyak kesan yang luar biasa yang siap dibagikan. Tentunya tidak sabar bagi kami untuk melakukan pendakian berikutnya bersama siswa siswi, orang tua wali murid Sekolah Alam Pacitan. Mendaki gunung mengajarkan kita bahwa untuk memulai sesuatu harus membutuhkan keberanian supaya kita tahu bahwa diri ini pernah mencoba dan berhasil mencapai puncak.