MASA PANDEMI, GURU SEKOLAH ALAM PACITAN BERULAH

“Dalam proses pembuatannya tidak begitu sulit”┬átutur salah satu Guru di Sekolah Alam Pacitan. Mr. Bagus, pria yang setiap hari bekerja di Sekolah Alam Pacitan tersebut membuat sebuah terobosan baru pada masa Pandemi Covid 19. Cukup dengan alat yang tidak mahal dan mudah didapatkan, Mr. Bagus mampu membuat Air Hujan menjadi Air Mineral siap dikonsumsi yang dinamakan “BANYU SETRUM” .

Pernahkah kita berpikir kenapa harus Air Hujan ??. menurut Mr. Bagus, pemanfaatan Air Hujan belum Optimal sedangkan Air Tanah yang kita gunakan setiap hari jumlahnya sangat terbatas. Prinsip kerja alat ini adalah dua bejana berhubungan yang dialiri arus listrik DC. dengan menggunakan dua wadah yang harganya tidak mahal dan gampang sekali didapatkan, Mr. bagus mencoba merangkainya dengan disambungkan menggunakan paralon. sedangkan tutup wadah tersebut sudah dipasangi dengan kawat stainless agar tidak berkarat. nah..sobat alam dimana pun berada ternyata tidak sampai disini.

Bagaimana TTG ini dapat bekerja ??. Mr. Bagus menjelaskan bahwa tidak perlu uang banyak dan harus keluar masuk Laboratorium untuk mengoperasikan alat ini. sesuai prinsip yang di bawa oleh sekolah nya, orang yang disapa Mr. Gondrong ini menggunakan Charger Laptop bekas untuk menghantarkan listrik ke kawat stainless di dua wadah yang sudah disambungkan. Proses pengambilan arus adalah pada Kapasitor ELCO yang ada di charger bekas tersebut. sambungan Negatif ditandai dengan kabel warna merah sedangkan sambungan Positif di tandai dengan kabel berwarna Hitam. dari kedua sambungan tersebut memiliki fungsi berbeda yaitu sambungan warna merah menghasilkan ion water atau bersifat basa sedangkan sambungan hitam menghasilkan air bersifat asam.

Air yang bersifat Basa dan asam pada TTG ini memiliki beberapa fungsi yang sobat Alam harus tau. Air yang bersifat Basa bisa kita gunakan untuk minum atau dikonsumsi, sedangkan air yang bersifat asam bisa kita gunakan sebagai obat dan perawatan lho. “Rencananya Sekolah Alam Pacitan akan membuat perusahaan “BANYU SETRUM” yang akan di sebarluaskan di seluruh indonesia” tutur Mr. Bagus kepada admin sekolahalam.sch.id. Semoga bisa terwujud ya Mr. Bagus atas ulah TTG nya yang telah dibuat masa pandemi ini.. he..he..

Nah.!!.Ada kabar baik untuk sobat alam semua bahwa serangkaian proses pengenalan, pemrosessan sampai dengan penggunaan alat BANYU SETRUM ini, sudah dikemas dalam sebuah video pendek yang di telah unggah di channel Youtube Sekolah Alam Pacitan https://www.youtube.com/watch?v=ptCcNj2jmXA&t=133s yang bisa sobat alam lihat kapan saja.

Apa yang bisa kita lakukan dimasa pandemi covid 19 ini hanyalah tetap berjuang, bersemangat dan tetap patuhi protokol kesehatan, dan juga tidak lupa kita juga harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Covid 19 segera sirna dari bumi. Selamat Mencoba . . .