Memperingati Hari Raya Idul Adha dari Rumah

Alhamdulillah pada Hari ini Kamis 22 Juli 2021 bertepatan dengan tanggal 12 Dzulhijah 1442 Hijriah, Sekolah Alam Pacitan mengadakan peringatan Hari Raya Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah.

Di tahun-tahun sebelumnya Sekolah Alam selalu mengadakan pemotongan hewan kurban di sekolah untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. Namun di tahun ini acara peringatan ini digelar secara virtual dan diikuti oleh siswa, guru serta karyawan Sekolah Alam Pacitan.

Mister Luqman sebagai pengisi acara menceritakan kisah  Nabi Ibrahim yang merelakan untuk menyembelih putranya Nabi Ismail atas dasar perintah Allah SWT. Nabi Ibrahim mengikhlaskan putranya sebagai wujud kepatuhan pada Allah SWT. Namun kemudian Allah SWT mengganti Ismail dengan seekor domba. Peristiwa inilah yang kemudian diperingati seluruh umat muslim sebagai Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Di Indonesia umumnya orang-orang berkurban dengan menyembelih sapi, kambing atau kerbau.

Mister Luqman berpesan pada anak-anak, “Kurban yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjadi anak yang patuh pada orang tua, melaksanakan pembiasaan di rumah dengan rajin dan rasa ikhlas”
“Dengan demikian kalian telah melaksanakan ibadah sebagaimana keikhlasan Nabi Ibrahim ketika diutus oleh Allah SWT”, tambahnya.
Sebelum ditutup, acara diakhiri dengan berdoa dan takbir bersama. Anak-anak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara, bahkan ada beberapa orang tua yang menyempatkan untuk ikut menyimak.

Kami berharap dengan adanya kegiatan peringatan Idul Adha ini, kita semua senantiasa menjadikan keikhlasan Nabi Ibrahim sebagai teladan. Terlebih lagi masa pandemi sekarang ini banyak berdampak pada berbagai sektor dan tidak sedikit yang mengalami kesulitan akibat dari adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Semoga kita selalu ikhlas dalam berikhtiar dan beribadah dalam kehidupan sehari-hari.