MENGELUH BIKIN HIDUP MAKIN KERUH BERSYUKURLAH HIDUP AKAN JADI BERKAH

Ditulis oleh: Muhammad Luqman

Pada QS Maryam ayat 23 Alloh menceritakan bagaimana Ibunda Maryam pernah bersandar di pohon kurma sedangkan kandungannya semakin membesar. Beliau merasa masalahnya semakin berat tanpa beliau sadari bahwa solusi masalah tersebut ada pada kandungannya yang akan lahir yaitu Nabi Isa AS.

Ketika Nabi Musa AS lari dari kejaran Fira’un sampai merasa tidak ada jalan lagi karena didepannya lautan dan dibelakanngya Fira’un, beliau tidak merasa bahwasanya pertolongan Alloh ada pada tongkat yang dipegangnya yang akan merubah lautan menjadi daratan dengan izin Alloh.

Banyak yang merasa masalahnya bertumpuk, merasa jauh dari pertolongan Alloh. Kita pun mungkin tahu bahwa ujian Alloh itu kecil dibandingkan pertolongan Alloh yang begitu besar.

Ketika sibuk mencari nafkah dan mengalami kesulitan hindari mengeluh. Karena hal tersebut akan mengurangi keberkahan rezeki bahkan mengundang murka Sang Pemberi Rezeki.

Ketika kita diberi sesuatu oleh seseorang, misalnya kue, tapi kita berkeluh-kesah tentang kue itu. Pasti yang memberikan kue itu sakit hati. Apa mungkin kue nya akan ditambahi ? Tentu saja tidak!

Manusia yang paling bahagia adalah manusia yang hanya mengeluh kepada Alloh, bukan pada manusia. Yang hanya yakin pada Alloh bukan pada manusia, karena tujuan dari setiap ujian adalah supaya kita lari kepada Alloh.
Mengadu kepada-Nya dan berpaling kepada selain-Nya.

Dengan mengeluh juga akan melemahkan otak dan tubuh. Sehingga mudah drop dan gampang sakit. Dengan mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan lama lama akan semakin memperburuk masalah.

Sebaliknya, hadapi masalah dengan mood yang baik.
Selalu bersyukur dalam kondisi apapun, karena dengan bersyukur Alloh akan menambah nikmat. Yang sakit di syukuri, yang sehat apalagi sudah pantasnya bersyukur. Berhuznudhon pada Alloh tetap harus di utamakan.

Hidup itu penuh perjuangan, begitulah fitrah manusia selagi ia masih hidup. Kalau diibaratkan kapal, memang aman dan nyaman saat diam bersandar di dermaga, tapi bukan untuk itu kapal dibuat. Sebuah kapal sejatinya dirancang untuk membelah ombak bahkan menerjang badai.

Stop mengeluh, selalu bersyukur dan teruslah berjuang.