MENJADIKAN JEMBLEM CAMILAN TERFAVORIT ANAK

Ditulis oleh: Tika Indriyani

Jemblem, tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jeblem adalah makanan gorengan berbahan dasar ketela, berbentuk bulat sebesar telur ayam jawa, berwarna kecoklatan berisi gula merah lumer. Jemblem merupakan salah satu makanan Khas Jawa Timur. Kenapa bisa dinamai jemblem ya??? Jadi nama jemblem dari makanan Khas Jawa Timur ini diambil dari dialek keseharian masyarakat Jawa. Dimana mereka sering menyebut orang yang memiliki pipi besar dengan sebutan njemblem yang pipinya besar dan montok layaknya kue jemblem ini lo.. Nah sudah tau kan sekarang kenapa dinamai Jemblem.

Jemblem termasuk jajanan tradisional yang masih laris diminati sampai sekarang. Karena rasanya enak dan harganya juga murah. Perpaduan rasa gurih dan manis serta tekstur yang empuk sangat cocok dinikmati segala usia. Apalagi sekarang sudah banyak jemblem yang dibuat dengan berbagai varian rasa. Oleh karena itu tidak heran kalau di Pacitan sering sekali kita temui jemblem dipasar.

Di Sekolah Alam banyak sekali program menarik, salah satunya cooking. Pada kesempatan cooking kali ini anak-anak diajarkan memasak masakan tradisional yang menggunakan bahan dasar ketela yaitu makanan jemblem. Anak-anak perlu memahami bahwa setiap daerah punya masakan khas dan rasanya juga enak, disamping itu makanan tradisional juga kaya akan gizi dan manfaat karena tidak menggunakan bahan-bahan instan serta bahan kimiawi.

Pembuatan jemblem ini sangat mudah dan dapat dipraktikkan di rumah-rumah. Di bawah ini adalah cara pembuatan jemblem yang mudah dan praktis mudah.

Bahan-bahan membuat jemblem:

1 kg Singkong
½ sdt vanili
Secukupnya garam,
1 butir kelapa ukuran kecil
Isian (gula merah, meses, keju, pisang coklat, selai) sesuai dengan keinginan


Langkah-langkah membuat:
Kupas singkong dan cuci bersih.
Parut kelapa lalu peras. Hasil sari perasan dicampur kembali dengan parutan ketela.
Campur singkong dan kelapa parut tambahkan garam,aduk sampai rata.
Bentuk bulat2 /bentuk pipih. Masukkan isian gula merah/meses/keju/pisang coklat/selai.
Terakhir goreng di minyak panas dengan api agak kecil.
Jemblem anget-anget siap di sajikan

Nah itu tadi resep Jemblem yang dipraktekan oleh anak-anak Sekolah Alam Pacitan. Anak-anak belajar dari proses awal memilih ketela, cara memarut ketela, mencampur semua bahan sampai dengan memasak. Anak- anak sangat senang sekali terutama pada saat proses membentuk bulatan dan pengisian jemblem, karena mereka bisa memilih isian apa yang mereka sukai. Jadi untuk sobat Alam pada saat membuat Jemblem juga bisa memilih isian sesuai dengan kesukaanya. Setelah proses pengisian selesai, jemblem tersebut selanjutnya digoreng. Setelah proses memasak selesai selanjutnya sebagian hasil produksi dikemas dan dipasarkan karena di Sekolah Alam Pacitan siswa diajarkan untuk berwirausaha. Mereka akan menghitung laba/rugi dari jualan itu. Nah menarik bukan kegiatan di Sekolah Alam Pacitan!!

Proses pembuatan jemblem