MENYULAP BOTOL BEKAS MENJADI IRIGASI TETES SEDERHANA

Hijau…. Hijau…. itulah yang sering kita ucapkan, karena Sekolah Alam Pacitan identik dengan lingkungan yang asri. Sekolah yang mempunyai 2 gedung yaitu kampus 1 dan kampus 2, semua halaman penuh dengan tanaman hias dan tabulampot. Nah pada musim kemarau tentunya tanaman membutuhkan asupan air yang cukup dan media tanah harus selalu lembab, untuk itu kita berupaya membuat irigasi tetes sederhana atau infus tanaman, untuk membantu penyiraman tanaman secara otomatis dan murah. Irigasi tetes sedeharna atau infus tanaman adalah cara penyiraman tanaman yang menggunakan tempat penampungan air yang diberi saluran untuk menetesi media tanam sedikit demi sedikit secara konstan dan stabil, sehingga media tanam tetap tercukupi kebutuhan airnya, tanpa menjadi becek dan persediaan air tetap cukup untuk beberapa hari tanpa di siram secara terus menerus.
Untuk membuat infus tanaman, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
1. Botol air mineral 1500ml bekas
2. Cutter
3. Paku usuk
4. Sedotan
5. Cotton bud
6. Lem plastik
7. Paku
8. Kawat
9. Bamboo/kayu 50cm

Langkah pembuatannya sebagai berikut:
Tutup botol dilubangi dengan paku usuk, kemudian dimasukan sedotan berukuran 4 cm dan didalam sedotan dimasukkan cotton bud yang sudah dibagi 2, dengan arah pentolan kapasnya menghadap kebawah sebagai pengatur tetesan air. Kemudian pingir lubang tutup botol di beri lem supaya pusat tetesan berada di cotton bud. Bagian atas botol di beri lubang untuk mengisi airnya. Selanjutnya botol dipasang di kayu atau bambu dengan dikat kawat atas dan bawah botol dan diletakakan disebelah tanaman dengan tujuannya supaya kuat, jika sudah terisi air

Menggunakan irigasi tetes sedehana ini sangat cocok untuk alternatif penyiramaan tanaman bagi anda sibuk dan juga yang tidak mempunyai waktu banyak untuk merawat tanaman dan sangat bagus untuk tanaman yang memiliki kebutuhann pengairan yang cukup tinggi.
Nahhh… untuk sobat alam semua serangkaian pembuatan irigasi tetes sederhana atau infus tanaman sudah di kemas sebuah video pendek yang telah diunggah di channel Youtube Sekolah Alam Pacitan di tautan berikut https://www.youtube.com/watch?v=4mjKIFovB_8

Bagaimana sobat Alam, apakah kalian tertarik untuk membuat infus tanaman sendiri? Selain bahan-bahannya yang murah dan mudah didapatkan tentu dengan berkarya kalian bisa mengisi waktu kalian dengan kegiatan yang positif. Meskipun masih dalam kondisi pandemi kita harus tetap punya karya yaa. Ayoo kita tetap semangat berusaha untuk selalu patuh protokol kesehatan dan jangan lupa berdoa. Selamat berkarya! Salam sehat untuk kita semua.

Comments

Comments are closed.