PengALAMan Sumber Belajar

Pada Hari Rabu 30 Maret 2022 yang lalu Mr Bangun, Kepala Sekolah Alam Pacitan mengambil bagian sebagai pemateri dalam Webinar Nasional bertajuk “Mendesain Kurikulum Merdeka Bermain” yang diselenggarakan oleh Guru Kelas ID. Mr Bangun menyampaikan materi tentang “Praktik Baik Sekolah Berbasis Alam dengan Bermain”.
Dalam materi tersebut Mr Bangun menyampaikan tentang pentingnya anak-anak melakukan eksplorasi di alam. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengajak anak-anak bersentuhan langsung dengan lingkungan.
Belajar tidak harus melulu di dalam kelas, karena tugas guru adalah memberikan stimulasi kepada anak agar kreativitas mereka terus berkembang.
“Tuhan telah menciptakan alam seisinya, ayo manfaatkan alam sebagai sumber belajar bagi anak, maka anak akan mendapatkan pengalaman yang nyata dari aktivitas tersebut” ucap Mr Bangun.
Sekolah Alam Pacitan memiliki prinsip bahwa belajar bisa dilakukan di mana saja. Dengan demikian anak-anak akan memiliki kepekaan terhadap alam dan lingkungan mereka. Mr Bangun juga menyampaikan bahwa permasalahan di sekitar kita ini cukup banyak termasuk masalah sampah dan pemanasan global yang memicu perubahan iklim. Untuk itu perlu adanya stimulasi terhadap anak agar mereka mau peduli terhadap lingkungan. Salah satu caranya adalah mengajak mereka belajar dengan bermain di alam.
Semakin sering anak-anak berinteraksi dengan alam akan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan seluruh ciptaan Tuhan.
Dalam hal ini guru tidak bisa berperan seorang diri, guru perlu membangun jaringan dan bekerja sama dengan pihak-pihak yang terkait. Misalnya jika ingin mengadakan kegiatan di sawah maka guru bisa melibatkan petani untuk menjadi pengajar. Atau bisa juga dengan melibatkan lingkungan sekitar sekolah.
Untuk mewujudkan kesuksesan belajar di alam ini tentu perlu sinergi antara sekolah dan orang tua wali murid. Orang tua juga wajib memahami konsep pembelajaran yang diusung sekolah, sehingga orang tua memberikan support terhadap kegiatan yang diselenggarakan sekolah.
Mr Bangun mengatakan, “yang terpenting adalah menumbuhkan kreativitas dan rasa keinginan tauan pada anak, maka dengan demikian tumbuhlah keinginan mereka untuk terus belajar dan belajar”.
Mr Bangun berharap apa yang beliau sampaikan ini bisa memberikan inspirasi bagi para guru. Beliau juga berpesan pada para peserta webinar bahwa mengenalkan potensi lokal yang ada di daerah juga harus dilakukan. Agar anak-anak kita menjadi generasi penerus bangsa yang menjunjung tinggi kearifan lokal daerahnya, cinta tanah air dan ramah terhadap lingkungan.