Penilaian Akhir Tahun, Siswa Kerjakan Soal Secara Virtual

Tidak terasa semester genap tahun ajaran ini hampir berakhir. Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap akhir semester anak-anak melaksanakan penilaian akhir, namun tahun ini penilaian akhir tahun dilaksanakan dengan cara yang tidak biasa. Kali ini anak-anak harus mengerjakan soal di rumah masing-masing secara online. Hal ini dikarenakan sekolah kami berupaya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi untuk tidak mengadakan ujian kenaikan kelas di sekolah, sehingga kami menyelenggarakan ujian untuk kelas satu sampai kelas lima secara online. Penilaian Akhir Tahun untuk semester ini kami laksanakan selama empat hari mulai tanggal 15 Juni 2020 sampai tanggal 18 Juni 2020.

Tentu kami mengalami banyak kendala dalam pelaksanaan penilaian akhir secara online ini. Seperti kendala jaringan internet yang terkadang masih sulit diakses di beberapa rumah siswa. Adapula orang tua yang tidak memiliki perangkat atau gadget yang mendukung anak-anak untuk bisa mengakses soal secara online atau orang tua yang memiliki perangkat namun tidak terhubung dengan jaringan internet.

Kendala lain adalah ritme belajar anak yang berubah selama belajar dari rumah. Setelah melaksanakan kegiatan belajar di rumah selama lebih dari dua bulan tentu sangat berpengaruh pada kebiasaan belajar anak-anak yang tidak sama dengan waktu belajar di sekolah. Mengantisipasi hal ini kami membuat jadwal penilaian akhir tahun menjadi fleksibel tidak seperti pelaksanaan penilaian di sekolah. Sehingga bagi siswa yang terbiasa belajar di malam hari dapat mengerjakan soal di malam hari begitu juga dengan siswa yang orang tuanya bekerja di siang hari maka dapat melaksanakan ujian di malam hari. Bagi yang terkendala sinyal pun diberi kesempatan untuk mengerjalan soal di saat jaringan internet sudah bisa diakses.

Untuk mengatasi permasalahan orang tua yang tidak memiliki gadget atau yang sama sekali tidak bisa mengakses internet kami menjalankan program Pick up and Delivery seperti yang sebelumnya telah dilaksanakan. Guru kelas bertugas mengantar soal dan mengambil jawaban anak-anak dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Kami berupaya semaksimal mungkin agar seluruh siswa tetap dapat mengikuti penilaian akhir di masa pandemi ini.

Sebenarnya untuk target pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun kali ini bukan untuk hasil nilai yang dicapai, namun lebih berorientasi pada proses anak-anak mengerjakan soal secara online. Adanya perubahan sistem belajar pada saat ini tentu memaksa kita untuk cepat beradaptasi.

Kami bersyukur di tengah pandemi Covid-19, Sekolah Alam masih bisa melaksanakan penilaian akhir tahun, meskipun masih terdapat banyak kekurangan dan berbagai macam kendala. Kami berharap ada masukan dan saran untuk sekolah yang kedepannya akan menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah dan perbaikan dalam melaksanakan penilaian secara online berikutnya. Terimakasih untuk seluruh wali murid yang bersedia mendukung kegiatan ini dan anak-anak yang senantiasa bersemangat untuk belajar di rumah.