Peran Guru dalam Memulihkan Pendidikan

Ditulis oleh: Eltiana Laudya

Peran guru dalam dunia pendidikan sering kali tidak terlihat tetapi mampu membuktikan dengan melahirkan generasi bangsa yang unggul dan berkarakter. Perubahan zaman menjadikan guru lebih berkualitas, kreatif dan inovatif disegala kondisi, seperti saat ini di era pandemi Covid-19 yang menghancurkan semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. Oleh karenanya, guru zaman sekarang atau yang disebut guru milenial harus bekerja lebih keras untuk memulihkan pendidikan.
Kami, guru Sekolah Alam Pacitan terus mengembangkan potensi yang berkelanjutan agar mampu mendidik siswa sesuai dengan perkembangan anak dan keadaan yang berbeda dari masa ke masa. Selain itu, hal-hal yang dapat kami lakukan adalah menyesuaikan pembelajaran melalui teknologi modern yang serba digital ini. Hal ini secara tidak langsung dapat memberikan pengertian kepada siswa dan orang tua bahwa guru tidak hanya kami yang mengajar di sekolah, tetapi siapa saja bisa menjadi guru dan dimana saja adalah tempat belajar. Contohnya, kita bisa belajar kepada petani, pedagang atau peternak. Kita juga bisa belajar menggunakan aplikasi seperti yang sudah kami implementasikan yaitu aplikasi SIDIGS.
Hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021, Sekolah Alam Pacitan memberikan edukasi kepada siswa dengan upacara bendera. Harapannya proses pendidikan saat ini mampu mengembalikan cita-cita yang sempat tertunda. Ada juga siswa kelas 5 yang mempunyai gagasan “Teacher’s Day Challenge: A Day becoming A Teacher” atau menjadi guru sehari. Kegiatan mereka adalah menggantikan guru kelasnya mengajar dan yang menjadi siswa adalah teman-temannya sendiri. Begitu juga kelas 6, mereka memanfaatkan teknologi untuk membuat flyer ucapan hari guru. Siswa-siswa lain juga tak kalah untuk memperingati hari guru ini, mereka membuat perangkat pembelajaran sendiri seperti siswa kelas 3. Kelas 1 juga semangat, mereka bereksperimen membuktikan adanya kuman disekitar kita. Kelas 2 dan kelas 4 menyusun project masing-masing. Bagaimana dengan kegiatan guru? Tentunya kami juga bergerak. Hari ini banyak yang dilakukan guru yaitu, latihan gamelan, membuat pigura untuk siswa dan guru yang berprestasi, memperbarui dekorasi sekolah dan mengembangkan potensi memasak.
Semoga kami guru-guru di seluruh Indonesia bisa diberikan kesehatan dan keselamatan dalam mengemban tugas pendidikan, bisa memulihkan proses pendidikan dan memberikan pelayanan yang seharusnya dalam membersamai siswa. Mari bersama-sama kita “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.