Saling Bersinergi, Orang Tua Berpartisipasi Mengajar di Masa Pandemi

Sekolah Alam Pacitan memiliki program bernama Parent Teaching, yaitu program dimana orang tua siswa berperan sebagai guru. Mereka mengajarkan kepada anak-anak sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Dengan adanya parent teaching ini anak-anak akan mendapat lebih banyak ilmu dan pengalaman menarik langsung dari orang tua mereka. Kegiatan ini sangat membantu guru untuk memberikan lebih banyak pengalaman kepada siswa.

Biasanya Parent Teaching dapat dilakukan di sekolah, di rumah atau sesuai dengan kebutuhan materi yang akan disampaikan. Namun di masa pandemi kegiatan Parent Teaching hanya bisa dilakukan dari rumah masing-masing wali murid. Pembelajarannya pun menjadi lebih sederhana dan didokumentasikan menjadi sebuah video pembelajaran. Kemudian video pembelajaran inilah yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh siswa baik melalui grup atau Youtube sekolah.

Meskipun sedang belajar di rumah anak-anak tetap bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Berkat kerjasama antara sekolah dengan orang tua maka transfer ilmu kepada anak-anak menjadi semakin beragam. Anak-anak dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan selama berada di rumah. Semboyan kami adalah setiap orang adalah guru dan di manapun tempat adalah sekolah. Sehingga di saat bersama orang tua juga merupakan bagian dari proses belajar bagi anak-anak.

Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh orang tua wali murid yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga ilmu yang dibagikan akan berguna bagi anak-anak dan menjadi amal kebaikan bagi kita semua.