SAP Berbagi, Peduli Sesama di Masa Pandemi

Sebagai bentuk kepedulian kami kepada sesama terutama mereka yang terdampak pandemi Covid-19, maka Sekolah Alam Pacitan mengadakan kegiatan sosial dengan berdonasi. Salah satu sumber dana donasi ini adalah dari tabungan surga seluruh siswa Sekolah Alam Pacitan.

Apa itu tabungan surga? Tabungan surga adalah kegiatan sedekah yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah setiap hari Jumat. Biasanya penyaluran tabungan surga ini dilakukan pada saat Bulan Ramadhan. Namun kali ini penyaluran sedekah tabungan surga dilakukan tepat pada saat sedang terjadi pandemi Covid-19.

Uang hasil tabungan surga yang terkumpul sejak awal semester kami gunakan untuk membeli sembako kemudian disalurkan kepada warga sekitar sekolah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 sangat berdampak pada seluruh lapisan masyarakat, terutama yang memiliki pekerjaan serabutan atau pekerja harian. Tentu hal ini membuat kami tergerak untuk berbagi pada sesama. Hal ini sekaligus menjadi pembelajaran bagi-bagi siswa-siswi Sekolah Alam Pacitan bahwa di masa sulit seperti ini dibutuhkan kepedulian dari berbagai pihak untuk memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

Kami juga mengalihkan sembako bantuan dari wali murid yang awalnya akan kami salurkan pada saat kegiatan “Sindeso 2020”. Sindeso merupakan program tahunan dimana anak-anak belajar tentang kearifan lokal di desa dan menginap di rumah warga. Namun kegiatan tersebut harus dibatalkan akibat pandemi Covid-19, maka kami memutuskan untuk menyalurkan bantuan sembako tersebut pada warga yang perekonomiannya terdampak oleh adanya pembatasan sosial. Dana kegiatan sekolah yang dibatalkan pun kami alihkan dan dialokasikan untuk berdonasi.

Meskipun tidak dalam jumlah besar kami berharap donasi ini dapat mengurangi beban keluarga yang terdampak Covid-19. Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaaat dan menjadi berkah untuk semua.

Dokumentasi SAP berbagi