SELAMAT MENJADI ORANG TUA HEBAT

Oleh Intan Natalina (Mama Nayoel Kaynindra Kristanto)


Pandemi Covid-19 yang sedang menjadi bencana bagi seluruh dunia berdampak terhadap banyak hal dalam kehidupan masyarakat, salah satunya adalah bidang pendidikan. Masa pandemi ini menjadi masa yang sulit dan cukup menantang bagi sistem pendidikan. Kesehatan anak-anak menjadi prioritas untuk tetap dijaga. Sekolah harus diliburkan untuk menjaga jarak dengan orang lain sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan melalui tatap muka harus mengubah sistem pembelajaran secara daring. Sebagai orang tua, tentu ini menjadi tantangan tersendiri buat kami.
Sudah sekitar 3 bulan ini sejak pertengahan Maret 2020, anak-anak kami harus belajar dari rumah. Proses pembelajaran yang biasanya kami dan para guru berbagi tanggungjawab antara pembelajaran di sekolah dan dirumah, skenario menjadi berubah. Di masa pandemi ini, anak-anak sehari penuh menjadi tanggungjawab kami sebagai orang tua. Hal ini menjadi pelajaran berharga untuk kami sebagai orang tua. Ada banyak rasa yang harus kami kelola ketika berhadapan dengan anak-anak sepanjang hari. Siap atau tidak siap ini harus diterima dengan penuh rasa tanggungjawab. Masa ini menjadi kesempatan bagi kami untuk lebih dekat dengan anak-anak dan terlibat lebih banyak dalam proses pendidikan anak.
Mendampingi anak-anak melewati hari-harinya di rumah supaya penuh dengan makna menjadi tugas kami sebagai orang tua. Menggali lebih dalam lagi talenta yang dimiliki anak supaya pembelajaran di rumah lebih bervariatif. Dan jangan menjadikan anak sebagai beban ketika mereka harus di rumah saja.
Belajar tidak sekedar seputar dunia akademis. Demikian juga menjadi orang tua hebat tidak selalu orang tua yang cerdas secara akademis, tetapi menjadi orang tua hebat adalah pilihan. Karena orang tua dan keluarga adalah pendidik pertama dan utama bagi anak. Mau dibawa kemana anak-anak kita nanti, semua tergantung dari pilihan kita. Selamat menjadi orang tua hebat buat anak-anak kita. Jangan pernah lelah untuk mendampingi mereka. Sambil terus berdoa dan berharap kondisi ini akan segera berlalu dan anak-anak bisa bersekolah kembali. Salam hangat untuk semua orang tua hebat dan guru-guru hebat sekolah alam Pacitan sebagai orang tua hebat anak-anak kami ketika di sekolah. Stay safe and stay healthy.