Semarak Peringatan Kemerdekaan RI ke-76

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun memang masih berada pada masa pandemi, tetapi semangat kemerdekaan tetap mengalir dalam jiwa dan sanubari kami, itulah yang membuat kami melaksanakan upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-76 di Halaman Sekolah Alam Pacitan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Setiap peserta upacara harus dalam kondisi sehat, melakukan cuci tangan, mengenakan masker ganda, dan jaga jarak.

Upacara yang dilaksanakan pukul 07.30-08.30 ini diikuti oleh guru dan karyawan SD Alam Pacitan, perwakilan orang tua, dan perwakilan komite sekolah, dengan Kepala Sekolah Alam Pacitan Mr. Bangun Naruttama sebagai Pembina Upacara.

Ada hal menarik dalam pelaksanaan Upacara kali ini, dimana para peserta upacara mengenakan pakaian olah raga sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet Indonesia yang sudah berjuang untuk mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Tokyo, 23 Juli – 8 Agustus 2021 dengan menoreh prestasi pada bidang angkat besi dan bulu tangkis. Kami juga ingin mendukung para atlet yang akan mewakili Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo yang akan dimulai pada 24 Agustus mendatang.

Demikian pula prestasi juga diraih oleh guru sekolah alam pacitan yang menjadi juara dalam penulisan puisi tingkat nasional, dan siswi-siswi kami meraih dua prestasi sekaligus yaitu juara 1 dan juara favorit dalam lomba 6 langkah cuci tangan.

Bangun Naruttama mengatakan dalam pidatonya “tubuh kembangkan tenggang rasa, solidaritas bersama dan gotong-royong dalam membangun bangsa dan bersama-sama mengatasi pandemi covid 19”. Semoga pandemi segera berlalu dan masyarakat indonesia dapat melaksanakan kegiatan seperti biasa, anak-anak dapat kembali beraktifitas di sekolah.

Dengan diadakannya Upacara ini semoga dapat turut serta memeriahkan HUT RI ke-76, menyalurkan semangat kemerdekaan, dan selalu memberikan inspirasi kepada masyarakat sekitar. Dengan penuh harapan semoga pandemi segera berlalu sehingga tahun depan siswa-siswi dan orang tua dapat bergabung dalam Upacara HUT RI seperti tahun-tahun sebelumnya.

Usai upacara peserta melakukan senam bersama untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan imun, agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari virus covid 19. Semangat dan kemeriahan tampak jelas dari keceriaan para peserta “terus beraktivitas untuk kemajuan bangsa dan negara” pungkas mr Bangun Narutama.