SOE Peduli Semeru

Belakangan ini bencana begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Mulai dari gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan wabah covid yang kini masih melanda negara kita yang menambah kepiluan masyarakat Indonesia. Baru-baru ini kita mendengar kabar Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu, 4 Desember 2021 meletus. Material letusan Gunung Semeru merusak rumah warga di Desa Supit Urang.
Tidak ada seorangpun ingin diuji bencana alam oleh Allah, itu sudah menjadi fitrah manusia, setiap manusia akan dihadapkan pada ujian-ujian hidup yang merupakan salah satu ketetapan Allah. Namun, dibalik musibah tetap ada nilai positif yang tersirat di dalamnya. Musibah akan mewujudkan rasa kepedulian kepada sesama yaitu dengan mengulurkan tangan dan saling tolong-menolong. Tolong menolong adalah bentuk nyata dari sebuah kepedulian ataupun kasih sayang antar sesama yang didasari oleh keikhlasan. Rasa empati kemanusiaan harus selalu ditanamkan, dengan empati manusia bisa memposisikan diri sebagai korban sehingga hati bergerak untuk saling membantu.
Mulai hari Senin, 6 Desember 2021 sampai tanggal 11 Desember Sekolah Alam bergerak untuk melaksanakan penggalangan dana untuk korban bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang. Sekolah mengumumkan kepada para siswa untuk berpartisipasi memberikan sumbangan seikhlasnya kepada korban Semeru. Selain menginformasikan kepada siswa, himbauan juga diinformasikan melalui Group Whatsapp paguyupan Romo Ibu Sekolah Alam Pacitan.
Orang tua murid sangat antusias dengan kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh Sekolah Alam Pacitan. Penggalangan dana ini merupakan salah satu bentuk kepedulian warga Sekolah Alam Pacitan terhadap para korban bencana. Selain itu kegiatan ini juga mengajarkan nilai- nilai kepedulian dan menumbuhkan rasa empati kepada siswa Sekolah Alam Pacitan melalui aksi berbagi
Dalam penggalangan dana yang diadakan oleh Sekolah Alam Pacitan, berhasil menggumpulkan dana sebesar Rp5.000.000,00 dan selanjutnya disalurkan melalui PMI Pacitan. Siswa ikut mengantarkan hasil donasi ke PMI setempat. Nantinya dana akan dikelola oleh PMI yang nanti pihak terkait akan terjun langsung ke lokasi bencana.

Siswa Sekolah Alam Pacitan yang ikut memberikan donasi untuk korban Semeru berharap agar para korban erupsi Semeru dalam keadaan yang baik, dan mendapatkan bantuan social secara rata dari bantuan yang sudah di berikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Anak-anak Sekolah Alam juga berharap para korban dalam keadaan sehat dan aman, dan sisa-sisa erupsi segera hilang.