Suaraku dan Semangatku

Suasana hangat sudah terasa sejak pagi ketika teacher yang bertugas piket mulai menyambut kedatangan anak-anak Sekolah Alam Pacitan. Anak-anak pun menunjukkan wajah ceria mereka pertanda telah siap untuk memulai hari baru di sekolah.  Di hari ketiga dalam rangkaian Welcoming Week 2022 ini, ada banyak pengalaman baru yang mereka lewati.
Hari ini anak-anak mendapatkan tantangan untuk melakukan jelajah alam atau tracking di lingkungan sekitar sekolah. Rute yang dilalui masing-masing kelas berbeda-beda. Ada kelas 1 yang berjalan sampai ke area Lapangan Peta, kemudian melakukan beragam aktivitas menyenangkan di sana seperti game berlatih konsentrasi dan membuat prakarya harmonika menggunakan bahan sederhana seperti stik eskrim, sedotan, kertas dan karet gelang.
Anak-anak kelas 2A berjelajah sembari menikmati keindahan alam, sekaligus berkreasi membuat prakarya dari bahan alam. Sedangkan kelas 2B melakukan jelajah alam dan dilanjutkan dengan kegiatan eksperimen di pos pemberhentian terakhir mereka yaitu di Balai RW Plelen. Mereka melakukan percobaan sederhana berjudul hujan pelangi.
Berbagai macam kegiatan menarik juga dilakukan kelas lain seperti game, eksperimen, membuat prakarya bahan alam, mengenal jenis-jenis daun, belajar baris berbaris, menangkap ikan, berlatih kekompakan dengan yel-yel, cooking dan masih banyak lagi.
Kakak kelas 6 juga melakukan adventure sambil belajar dengan para petani. Petani membagikan ilmu tentang bagaimana proses menanam pagi, merawat, memanen, menjemur hingga menjadi beras. Tentu ilmu ini sangat berharga bagi anak-anak karena mereka jadi tahu beras yang selama ini mereka konsumsi telah melalui proses yang panjang sampai akhirnya sampai di piring mereka.
Satu lagi yang spesial di hari ini adalah kami mendapatkan tamu dari Belanda, adalah Ms Safjoen seorang traveller yang kebetulan sedang singgah di Pacitan. Ms Safjoen mengajak anak-anak kelas 4 untuk belajar bersama. English class kali ini terasa begitu meriah karena anak-anak sangat antusias menyambut kedatangan Ms Safjoen.
Begitu banyak cerita yang anak-anak hari ini dapatkan dalam pembelajaran di dalam dan di luar kelas.  Semoga kita semua dapat selalu memotivasi anak-anak untuk terus berlatih mendiri, terampil dan berani menyuarakan semangat. Ini ceritaku, suaraku dan semangatku!