Tahun Baru, Semangat Baru

Tahun 2021 sudah berlalu, marilah kita sambut tahun 2022 dengan semangat baru demi tercapainya tujuan sekolah. Perjalanan dan kinerja kita ke depan tentu akan lebih menantang. Pada saat ini, perubahan berjalan dengan begitu cepat sehingga layanan yang kita berikan kepada peserta didik dan masyarakat harus lebih ditingkatkan. Jika bisa ada program baru untuk lebih memotivasi. Kegiatan dan program yang dulu sudah rutin dilakukan, semoga bisa terus dilakukan dan bisa dilakukan peningkatan serta pembenahan. Seiring berjalannya waktu, dunia pendidikan terus mengalami perkembangan, diantaranya pada penggunaan teknologi digital. Suatu contoh, Sekolah Alam Pacitan sudah menggnakan aplikasi SIDIGS dalam melaksanakan pembelajaran dan informasi. Teknologi telah menggeser banyak hal dalam penyelenggaran pelayanan dan kehidupan.
Perubahan seharusnya merupakan hal yang biasa bagi setiap manusia maupun lembaga pendidikan. Di era yang mengharuskan kita untuk selalu tidak gagap teknologi ini, maka kita sebagai pelayanan bidang pendidikan harus mampu untuk selalu melakukan inovasi baru yang bisa menambah wawasan peserta didik sehingga bisa mempengaruhi masyarakat sekitar.
Selama ini Sekolah Alam Pacitan sudah banyak melakukan pembiasaan dan kegiatan-kegiatan diantaranya; belajar mengenal alam yang dikemas dalam kegiatan tracking dan adventure. Kegiatan untuk mengenal alam pedesaan dan merasakan hidup di desa yang dikemas dalam kegiatan sindesa. Untuk kegiatan pembiasaan hidup yang dilakukan para siswa di sekolah meliputi, menyiram tanaman, menyapu lantai, menyapu halaman, pengamatan tanaman. Itu semua dilakukan pagi harisebelum pembelajaran di mulai. Selain itu, banyak pembiasaan hidup yang dilakukan di sekolah yaitu berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, mencuci piring, membersihkan tolilet, merawat tananam di kebun, memberi pakan hewan, menanam, berwirausaha, dan masih banyak kegiatan lain yang dilakukan para siswa di sekolah.
Dalam pembelajaran, Sekolah Alam Pacitan mengajarkan kepada siswa untuk bisa belajar di mana pun berada. Lingkungan sekolah dan tempat tinggal bisa dijadikan media pembelajaran. Bahkan pada saat bepergian pun juga bisa untuk belajar. Selama perjalanan banyak hal yang bisa dipelajari, misalnya saja jika melewati jalan raya ada bermacam-macam reklame terpasang, rambu lalulintas, baliho, dan masih banyak yang bisa dipelajari. Pada intinya Sekolah Alam Pacitan mengajarkan kepada siswa untuk belajar hal-hal langsung pada sumbernya.
Pada masa pandemi pembelaa=jaran dilakukan secara kombinasi daring dan luring. Luring dilakukan denga pertemuan terbatas dengan jumlah siswa terbatas juga. Sedangkan daring dilakukan menggunakan aplikasi SIDIGS sekolah. Akhir-akhir ini guru dan siswa berinovasi membuat eco enzyme dan photosintesis bacteria. Beberapa sudah dipanen. Sekolah juga berbagi ilmu kepada masyarakat untuk belajar bersama membuat eco enzyme. Selain itu sekolah juga membuat inovasi yaitu project dari semua guru dan siswa yang dipamerkan dalam pameran yang bertajuk projects exibition. Kegitaan ini baru kami lakukan di tahun 2021. Semoga kegiatan ini bisa berkesinambungan di tahun-tahun berikutnya.
Sekarang Sekolah Alam Pacitan sudah masuk semua meskipun masih terbatas jam pembelajarannya. Paling tidak semua siswa sudah bisa merasakan sekolah lagi bertemu dengan guru dan teman-teman setelah sekian lama mengikuti aturan pemerintah karena pandemi. Dalam liburan sekolah semester 1 ini, Sekolah Alam Pacitan mengisi liuran dengan kegiatan Funcation untuk siswa usia TK, sampai SD kelas 6. Funcation meliputi, menari, menggambar, mengaji, perkusi, eksperimen sains, memasak, sastra, bahasa inggris, dan elektro. Kegiatan ini kami tujukan untuk siswa Sekolah Alam Pacitan dan untuk siswa sekolah lain. Ternyata ada beberapa siswa dari sekolah lain yang ikut serta. Semua rencana dan program sekolah selama tahun 2021 yang sudah terlaksana akan kami lakukan peningkatan yang lebih baik. Untuk program yang belum terlaksana, semoga di tahun ini bisa terlaksana. Sekolah Alam Pacitan akan selalu berinovasi untuk pendidikan. Sekolah Alam Pacitan juga akan berusaha menjadi mitra masyarakat.
Sekolah Alam Pacitan, spektakuler, tanam-tanam untuk bumi.