Ujian, Siswa Kelas 6 Beramai-ramai Membawa Handphone Ke Sekolah

Tidak terasa semester ganjil tahun ajaran ini hampir berakhir, siswa-siswi Sekolah Alam Pacitan melaksanakan Penilaian Akhir Semester yang dimulai sejak 6 Desember lalu.
Kami sangat bersyukur karena anak-anak bisa melaksanakan ujian di sekolah walaupun dengan waktu yang terbatas. Karena waktu yang terbatas dalam mengikuti ujian di sekolah, kami menyiapkan strategi dengan mengombinasikan metode offline dan online untuk beberapa mata pelajaran, sehingga anak-anak bisa mengerjakan di rumah melalui aplikasi SIDIGS. Hal ini dikarenakan sekolah kami berupaya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama masa PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas.
Siswa kelas 1 hingga kelas 5 melaksanakan ujian offline di sekolah dan online di rumah, sedangkan khusus untuk siswa kelas enam mengerjakan soal dengan online menggunakan aplikasi SIDIGS dan anak-anak diperbolehkan membawa HP di sekolah selama Penilaian Akhir Semester ganjil berlangsung. Tentu hal ini memberikan pengalaman baru bagi siswa kelas 6. Pelaksaan ujian secara online ini bertujuan untuk memudahkan siswa mengerjakan soal berbasis IT sekaligus mengurangi pemakaian kertas (paperless).
Penilaian Akhir Semester ini kami laksanakan dari pukul 08.00-10.00 dan dilaksanakan selama enam hari untuk kelas 1,2 dan 3, sedangkan kelas 4, 5 dan 6 melaksanakan PAS selama 9 hari.
Kami sangat bersyukur karena anak-anak bisa kembali kesekolah dan melaksanakan ujian penilaian akhir semester dengan baik dan lancar meskipun dengan waktu yang terbatas. Hanya saja kendala yang dialami oleh anak-anak ketika ujian online dirumah seperti kendala jaringan internet yang terkadang masih sulit diakses di beberapa rumah siswa dan juga orang tua yang tidak memiliki perangkat atau gadget yang mendukung anak-anak untuk bisa mengakses soal secara online atau orang tua yang memiliki perangkat namun tidak terhubung dengan jaringan internet. Mengatasi permasalahan ini guru kelas memberikan kelonggaran dengan memberikan akses di luar waktu ujian bagi siswa yang terkendala perangkat atau jaringan.
Setelah melaksanakan kegiatan belajar tatap muka di semester ganjil ini selama kurang lebih empat bulan tentu sangat berpengaruh pada kebiasaan belajar anak-anak yang tidak sama dengan waktu belajar di rumah selama pandemic covid 19. Target pelaksanaan Penilaian Akhir Semester kali ini lebih berorientasi pada proses anak-anak mengerjakan soal secara jujur.
Adanya perubahan sistem belajar pada saat ini tentu memaksa kita untuk cepat beradaptasi bersama anak-anak dalam pembelajaran dikelas atau bahkan memotivasi dan melakukan pendekatan kepada anak-anak untuk selalu meningkat keterampilan hidup yang lebih baik.
Harapan kami adalah Sekolah Alam dan semua satuan pendidikan di Indonesia bisa melaksanakan penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun kedepan di sekolah dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan kita dan anak-anak kita, meskipun masih terdapat banyak kekurangan dan berbagai macam kendala. Lebih dari pada itu, kita berdoa agar bangsa ini terbebas dari covid 19 supaya anak-anak kita mendapatkan pembelajaran yang efektif dan bisa menimba ilmu pengetahuan semaksimal mungkin untuk masa depan mereka nanti.
Salam sehat, tetap semangat dan terus berkarya.